Senin, 22 Juli 2013

Saran Perawatan Kulit untuk Cowok

Haiiii semuanya, kali ini aku ikutan Giveaway dari kolaborasi Mimoyoja Beauty Blog dan Helo Kim. Giveaway ini berakhir tanggal 24 agustus dan akan ada 2 pemenang dan akan mendapatkan parcel lebaran ditambah dengan surprize gift *yeeeey*. Sekarang aku subscribe tulisan aku dibawaaah~~~~
semoga aku beruntung :***




"Saran Perawatan Kulit untuk Cowok"

Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai macam perbedaan. Entah itu dari segi fisik maupun jiwa. Secara garis besar manusia diciptakan menjadi dua macam, adam dan hawa, lelaki dan perempuan, cowok dan cewek.


Cowok dan cewek merupakan dua hal yang berbeda, entah dari segi fisik maupun pola pikir. Cewek yang lebih identik dengan keindahan dan emosi dan Cowok yang lebih identik dengan maskulinitas dan kekuatan. Hampir semua cewek senang bersolek, melakukan perawatan kecantikan dan hal lain yang serupa. Seakan kegiatan tersebut hanya dilakukan oleh cewek. Namun sebenarnya bukan hanya cewek ang butuh akan perawatan-perawatan fisik tersebut. Karena kulit merupakan investasi masa depan yang harus dijaga, karena kulit merupakan pancaran diri kita, karena kulit milik semua orang cewek maupun cowok maka tidak ada salahnya untuk cowok tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya.
Karena judul tulisan ini adalah saran perawatan kulit untuk cowok berarti tulisan ini memang diperuntukkan untuk cowok.

 Yang pertama adalah wajah, wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering dilihat oleh manusia. Kulit wajah yang cerah secara tidak langsung akan membawa aura positif untuk diri sendiri dan lingkungan. Berkebalikan dengan kulit wajah yang kusam, terbakar matahari atau berjerawat pasti akan sangat mengganggu pemilik wajah itu sendiri, seperti menyebabkan moodswing hanya karena masalah wajah yang mengganggu saat menatap cermin.


Kelenjar minyak (glandula sebacea) pada cowok lebih banyak jumlahnya karena dipengaruhi oleh hormon androgen sehingga cowok lebih sering mengalami breakout, apalagi ditambah dengan aktifitas cowok yang tinggi dan tingkat kemalasan cowok yang tak kalah super  (hahaha). Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mencuci muka dengan facial wash 2 kali dalam sehari. Dengan jenis muka yang lebih berminyak maka teman-teman cowok bisa memilih produk facial wash pengontrol minyak yang banyak dijual di pasaran. Hindari menggunakan produk pembersih muka yang mengandung alkohol karena dapat merusak kulit. Karena banyak pilihan yang tersedia maka pilihlah yang sesuai dan aman agar kulit muka tetap sehat.


Semua orang tahu kalau lapisan ozone di bumi kita tercinta ini telah banyak berlubang dan menipis, hal itu menyebabkan sinar UV yang berbahaya untuk kulit sampai ke permukaan bumi. Efek sinar UV yang paling ditakutkan adalah kanker kulit karena sinar UV merusak susunan DNA sel-sel kulit sehingga menyebabkan kulit pre-kanker dan dapat berkembang menjadi kanker. Untuk menghindari efek buruk sinar UV teman-teman cowok dapat menggunakan tabir surya ketika beraktivitas diluar ruangan. Gunakan produk paling tidak SPF 24 minimal 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Bila memungkinkan gunakan produk SPF 30 untuk melindungi kulit kita dari efek buruk sinar UV. Selain itu penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari pigmentasi berlebihan yang menyebabkan muka berbintik hitam, warna tidak rata dan menjadi hitam. Tentunya hal ini kurang bagus untuk penampilan kan?


Selain diaplikasikan di wajah tabir surya juga tak kalah penting diaplikasikan di bagian tubuh yang terekspos sinar matahari.
Kulit wajah yang sering terkena sinar matahari, berada di ruangan AC tentunya akan sangat rawan kering. Maka pemakaian pelembab akan sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Pilihlah pelembab di pasaran yang aman dan ringan sehingga tidak menyebabkan muka berminyak atau berjerawat.


Selain facial wash, tabir surya dan pelembab, masker juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kegiatan memakai masker termasuk kegiatan yang dapat membangkitkan mood apalagi bila dilakukan dalam suasana santai dan bersama orang yang disayang, buat cowok bisa coba maskeran bareng pacarnya. Teman-teman bisa memilih jenis masker sesuai dengan kegunaannya. Untuk merawat kesehatan kulit saya sarankan memakai masker dengan kandungan kolagen untuk menjaga kekencangan kulit, vitamin C, vitamin E, tomat, dan pomegranat untuk meremajakan kulit karena merupakan antioksidan. Antioksidan akan mencegah penuaan dan yang paling menguntungkan adalah mengurangi resiko kanker.


Setelah wajah hal  lain yang tak boleh dilupakan adalah kulit tubuh. Pemakaian lotion secara teratur akan melembabkan kulit dan menjaga kesehatannya. Pilihlah lotion yang konsistensinya ringan namun melembabkan dan bila perlu mengandung tabir surya. 
Seminggu sekali teman-teman dapat melakukan scrub pada tubuh. Meskipun teman-teman teratur mandi namun sebenarnya masih ada sisa kulit mati yang tertinggal di kulit dan dapat merusak pemandangan bila ada di area yang mudah dilihat. Selain dapat membersihkan kulit mati, aromaterapi dapat membuat rileks dan menciptakan mood baik yang tentunya akan membuat hari-hari menjadi lebih semangat. Pilihlah body scrub dengan aroma yang teman-teman suka dan tentunya yang tetap aman.Bila terlalu sibuk atau malas melakukan scrub sendiri teman-teman bisa mengunjungi klinik perwatan tubuh untuk mendapatkan paket perawatan kulit yang diinginkan.



Jika ada waktu lebih teman-teman bisa mengkonsumsi Vitamin C, Vitamin E sebagai antioksidan serta mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan kulit. Konsumsi air yang cukup akan tetap menjaga kelembaban kulit dan menghindarkan diri kita dari dehidrasi. Kebutuhan air yang cukup menurut WHO adalah 30ml/Kg BB/hari. Jadi semisal seseorang dengan berat badan 50 kilogram maka ia membutuhkan 1500ml air per hari (1,5L). Jika aktivitas teman-teman termasuk tinggi maka perbanyaklah minum air dan bila perlu konsumsi minuman elektrolit.


Nah sudah ada beberapa hal yang saya tulis diatas untuk menjaga kesehatan kulit untuk para cowok. Bila masih ada banyak kekurangan teman-teman bisa menambahkan kritik dan sarannya.
Akhir kata saya ingin sekali mengingatkan bahwa merawat kulit bukanlah suatu kegiatan terlarang untuk para cowok. Menjaga kesehatannya bukan berarti menjadi seperti banci atau apapun. Karena dengan kita merawat apa yang telah Tuhan berikan kepada kita berarti kita mensyukuri karunia-Nya. Saya berharap semoga cowok-cowok di Indonesia sadar akan kesehatan kulitnya dan selalu menjaganya *kedip kedip*



2 komentar:

  1. nice post. btw blognya cute banget xD

    Invite you to join my giveaway Imomoi giveaway and Efoxcity giveaway I hope you will join

    ~✿~Visit my blogs here~✿~
    Luch Luch Craft Blog
    Toko Luch Luch Craft

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak, aku join giveawaynya yaah ;)
      blog kakak iconnya lucu deh hihi

      Hapus